RSS

Awas, Virus Merambah Twitter

Lifestyle + / Rabu, 19 Januari 2011 10:58 WIB
Metrotvnews.com: Virus komputer menjadikan jejaring sosial Twitter sebagai sasaran empuk baru. Sejumlah entri dengan link yang disingkat seperti bit.ly dan alturl.com ditemukan pada halaman utama Twitter di akhir 2010.

Para pengguna internet juga harus mewaspadai banyak virus yang mampu bersarang di banyak situs atau layanan bantuan. Pada umumnya banyak pengguna yang tidak tahu bahwa bantuan layanan khusus mempersingkat URL, kini juga menjadi link berbahaya. Sebab di sanalah tersimpan banyak virus.

Dari hasil penelitian, link tersebut akhirnya mengarah ke situs yang terinfeksi. Di sisi lain, pencipta program antivirus palsu telah sibuk menyempurnakan taktik untuk terus merusak banyak situs. Caranya mereka telah bermigrasi ke internet dengan memakai website khusus antivirus.

Kaspersky Lab pun mendeteksi gerak virus di dunia maya. Kejahatan dunia maya kian meningkat dari tahun ke tahun. Ancaman berbasis web menduduki posisi pertama dalam program AdWare.Win32.HotBar.dh. Bila tak sengaja menginstal program, muncul iklan bersamaan dengan tampilan aplikasi yang sah.

Namun, ancaman nomer satu di online adalah file PDF yang menggunakan Adobe XML Forms. Sebuah skrip eksploit akan berjalan saat mengunduh prohtam jahat lain dari internet. Itu akan terjadi saat pengguna internet membuka file Exploit, Win32, Pdief, dll.

Saat ini yang menjadi tren dari kelompok antivirus palsu. Tujuannya memancing pengguna mengunduh antivirus palsu itu di website. Cara itu paling jitu dan berpotensi menjadi penyebar aktif virus internet.

Keluarga Trojan-Downloader.Java.OpenConnection dikenal sebagai keluarga penyebar virus paling aktif. Kini Trojan menggunakan kerentanan dalam mesin virtual Java. Trojan menggunakan metode OpenConnection dari kelas URL, fungsi standar bahasa pemrograman Java.

Trojan-Downloader.Java.OpenConnection kini masih berada daftar 20 top program jahat yang terdeteksi di internet. Trojan kini berada di posisi nomor dua virus paling berbahaya.

Domain baru pun juga menjadi sasaran para penyebar virus. Rusia yang baru saja memiliki domain internet baru menjadi sasaran aktivitas jahat. Tujuannya untuk menipu pengguna internet.

Dari deteksi yang dilakukan Kaspersky Lab, ada tiga jenis malware yang terdeteksi di domain Rusia yang menjadi sasaran aksi kejahatan, yakni   arsip palsu yang menyerupai musik, film dan konten media lainnnya, dan program layanan untuk situs jejaring sosial Odnoklassniki.(MI/***)

++diambil dari www.metrotvnews.com++

0 komentar:

Posting Komentar

© 2009 - Knowledge of YASHA | Design: Choen | Pagenav: Abu Farhan Top