RSS

Website Menarik dan Full Interaktif

Hello,,Kali ini saya sedikit akan membahas tentang website yang memiliki kelebihan dari segi interaktifitas. yaitu www.jordanrudess.com
Website ini adalah website pribadi milik Jordan Rudess, Keyboardis Favorit saya.
Beliau adalah Keyboardis Band Dreamtheater.
Di dalam website ini berisi berbagai macam hal yang berhubungan dengan Jordan Rudess dari mulai Biografi, Download Musik Lesson, Detail Konser, Toko online pribadi sampai link ke social network miliknya.
Yang akan saya bahas dalam website ini adalah interaktifitas serta kemudahan yang diberikan pada pengguna, yang dalam hal ini diasumsikan penggemar musik dan menyukai interaktifitas berbau musikal.
 
Pada Halaman pembuka ini kita disuguhkan dengan animasi flash huruf "JR" besar serta terdapat berita terbaru tentang aktifitas jordan di bawah halaman pembuka.
  
Tapi, Mr.Jordan tidak melupakan para user yang memiliki keterbatasan terbatas pada kecepatan jaringan internet, karena halaman flash cenderung lambat, maka ia menyediakan tombol "Light version" dibawah halaman pembuka, jadi halaman ini bisa dikatakan sebagai Tester jaringan anda apakah website ini bisa berjalan dengan baik dikomputer anda, atau tidak.

Asumsikan kita langsung masuk(bukan yang light version)
Di halaman utama, atau beranda, anda akan langsung disuguhkan dengan berbagai link social network yang dapat menghubungkan anda dengan orang ini, penemoatan link di depan ini memudahkan user yang hanya ingin mencari link untuk tetap berhubungan dengan keyboardis ini tanpa harus mengaduk-aduk situs fans yang mungkin menunjukkan anda ke link yang salah.


  • Home
Nah, sekarang kita akan membahas soal header(karena kalau membahas semua isi website ini, maka posting ini akan sangat panjang :) ).
 Ini adalah tampilan Header untuk halaman pertama yang anda kunjungi, yaitu beranda, pada halaman ini terdapat animated icon penyihir di sebelah kanan yang menanyakan apakah kita perlu guide untuk menjelajahi situs ini?, hal ini adalah sangat penting mengingat tidak semua user yang mengunjungi site ini adalah orang yang fasih komputer dan menyimpan guide dengan cara menempatkannya dengan animasi adalah pilihan yang baik agar user tidak harus memelototi daftar help membosankan yang biasanya disediakan website2 lain dalam bentuk tulisan panjang. Icon Guide ini sifatnya mirip dengan Assistant di Ms. Word kurang lebih.
Selain fasilitas assistant diatas, apabila anda teliti dan (tentunya) iseng, maka anda akan menyadari bahwa setiap area pada header diatas(gradient biru dan garis2 kuning yang mirip string piano) dapat di tekan dan menghasilkan suara merdu yang unik, dan dapat dikombinasikan satu sama lain, sehingga kita dapat menghasilkan musik yang menarik dengan hanya menekan area2 diatas secara random. Hal ini memberikan user experience yang menakjubkan apabila anda seorang penyuka musik.


  • Jordan
Header pada halaman ini memiliki interaktifitas yang tak kalah menarik, kalau anda (lagi-lagi) iseng menekan benda-benda yang terletak dibelakang Mr. Jordan,maka benda-benda tersebut(tuas, roda,piano, dan lampu)akan mengeluarkan animasi-animasi dan suara yang menarik. Tema header ini seperti ruang kerja Mr.Jordan yang penuh dengan sihir!
  • Conservatory
 
Header pada halaman conservatory, pertama muncul dengan loading bar, ini memberi tahu pada user bahwa "sesuatu" akanmuncul jika kita cukup sabar menunggu loadnya selesai.
 
Dan setelah loading selesai, maka akan muncul keterangan yang memberitahu kita bahwa kita bisa menekan huruf A sampai Z.
Lalu dengan fasilitas ini, VOILA!!jadilah keyboard komputer kita berfungsi seperti tuts piano, dan apabila kita menekan tombol tersebut agak lama, maka akan muncul suara Arpeggio yang indah. Interaktifitas ini  amat cocok untuk anda yang penyuka musik (tentunya pengunjung site ini mayoritas adalah penyuka musik).

  • Downloads
Header pada halaman Downloads malah lebih menarik, disini muncul keterangan-keterangan untuk menggeser dan menembak.
 
Ternyata, header halaman ini disulap menjadi game shooting yang menarik, Foto Jordan Di kiri sebagai penembak dan icon-icon yang melayang disebelah kanan sebagai target tembak.
Apabila kita mengenai salah satu icon tersebut, maka icon tersebut akan mengeluarkan bunyi-bunyi indah yang berbeda satu sama lain, ini membuat orang yang tertarik ingin mengetahui seluruh nada pada setiap icon memainkan game ini sampai selesai.

  • Store
Header pada halaman Store juga menyuguhkan game sederhana yang menarik, namun dengan konsep yang berbeda, Terdapat keterangan "Don't let the bug bite!".
Disini terdapat beberapa merchandise Jordan Rudess dan kita harus menghentikan kumbang yang akan mncul dan memakan merchandise2 tersebut, maka tugas kita adalah mengklik kumbang tersebut agar pergi.

  • Jr-TUNES


Halaman terakhir yaitu Jr-Tunes akan membuka jendela baru yang berisi playlist dengan lagu-lagu yang bisa dimainkan, desainnya simpel dan tidak membingungkan pengguna.
  • CONCLUSION!!
Secara keseluruhan, website ini SANGAT MENARIK dengan FULL INTERACTIVITY tanpa melupakan kebutuhan user dan memberikan USER EXPERIENCE yang didominasi hal-hal musikal. Website ini akan anda sukai jika anda seorang penyuka musik maupun penggemar flash, website inimemberikan inspirasi bagi web developer bahwa dengan header saja kita dapat memberikan berbagai macam interaktifitas yang dapat menarik minat pengunjung website tersebut.
Sekian review dari saya, thanks


10 komentar:

mahasiswa merantau mengatakan...

mantap...
keren lah gabungan antar semuanya...
memanjakan user banget...

Anonim mengatakan...

analisis yang komplit! ^_^
wah mantap websitenya, keren banget...
bener-bener interactive

AM. Raharjo mengatakan...

Sip...
Like This...
benar-benar interktif..
User experience yang menarik..
ada "light version",,,nilai tambah bagi saya..

Yusrizal Ihya mengatakan...

wew...dahsyat neh websitenya Si Jordan...di bagian headernya penuh dengan interaktifitas, memberi kesan "asyik" pada user tentunya...apalagi yg header di "download", dibuat seperti sebuah game...
tapi yang sedikit mengganggu bagi gw itu desain webnya koq kurang "simetris"...di browser gw layout websitenya berada di sebelah kiri...bukan "center"...
yah...walaupun begitu, dari segi interaktifitas website ini udah bagus..

silmi_xylem mengatakan...

waw... bagus banget web nya... tampilannya juga menarik,
tapi yang saya heran, kenapa di laptop saya tampilannya ga di tengah ya? tapi di sebelah kiri, dan di bagian kanannya ada beberapa space, itu kira2 hanya di laptop saya atau gimana ya? hehehe ^^

ikra mengatakan...

keren asli web'a
tp..
agak berat jg buka'a
@silmi: disini fine2 ajah :p

all about my world's mengatakan...

Sangat menarik. Pemilihan warna, desain ditambah animasi membuat user betah.

Arry Rinaldy Pratama mengatakan...

overall masalah design web two thumbs up. Tapi pas pertama saya mau scroll ke bawah sempet nyari" scroll bar'a dimana tapi okelah ternyata design pada menu bar'a tidak berubah dan yang hanya berubah pada bagian body'a saja.

felliyana mengatakan...

keren banget....walaupun say agak kenal sama jordan tapi bisa betah berlama-lama di website itu....
informatif juga...sangat menghibur dan memanjakan pengunjung dan juga para fans setianya....

Asaz mengatakan...

bagus ya web celeb ya seperti itu

Posting Komentar

© 2009 - Knowledge of YASHA | Design: Choen | Pagenav: Abu Farhan Top