RSS

Heuristic Test pada website ngomik.com

Hello! kali ini saya akan mengepost salah satu tugas akhir sala satu mata kuliah dari kampus saya. Saya memilih situs www.ngomik.com karena situs ini sangat menarik, setidaknya buat saya yang gemar menggambar komik. Situs ini merupakan tempat berkumpulnya para komiker indonesia, namun bagi anda yang sekedar suka baca komik pun disini banyak komik buatan anak bangsa Indonesia yang dapat anda baca secara cuma-cuma plus anda dapat berinteraksi dengan pembuatnya langsung! silakan kunjungi situsnya.

Nah, saya melakukan Heuristic Tes berdasarkan 10 poin kriteria heuristic yang telah ditentukan pada website resminya : http://www.useit.com/papers/heuristic/
dan hasilnya adalah sebagai berikut :




·         Visibility of system status
Website ngomik.com menunjukan status dari suatu task dan halaman dengan throbber dan breadcumb. Misal ketika kita sedang me-load suatu gambar, maka akan muncul throbber untuk memberikan keterangan bahwa gambar tersebut tengah di-load. 
 
·         Match between system and the real world
Sasaran utama pengguna website ngomik.com adalah komikus serta animator Indonesia, sehingga bahasa default yang digunakan adalah bahasa Indonesia, namun disediakan pula tombol ubah bahasa pada pojok kanan atas dari halaman utama. Bahasa yang digunakan dalam pengelompokkan dan visualisasi datanya pun sesuai dengan kebiasaan para pecinta komik, seperti mengelompokkan komik berdasarkan genre.

·         User control and freedom
Website ngomik.com menyediakan pengisian form yang fleksibel dan sewaktu-waktu dapatkita isi kembali, sehingga apabila terjadi kesalahan pada saat pengisian salah satu form, maka kita dapat mengeditnya kembali, contohnya pengeditan synopsis komik yang kita upload, dapat sewaktu-waktu diubah oleh pengarangnya.

·         Consistency and standards
Standar serta konsistensi dari halaman website ngomik.com cukup baik dan mudah dimengerti.

·         Error prevention
Website ngomik.com sayangnya kurang teliti dalam hal error prevention, pengguna terkadang bingung dengan tombol download pada bawah suatu artwork yang tiba-tiba tidak muncul, padahal setelah mendapat konfirmasi ternyata servernya sedang bermasalah.

·         Recognition rather than recall
Dalam point ini pun ngomik,com cukup baik dengan memberikan tahap-tahap dari suatu task yang sederhana dan tidak terlalu membingungkan pengguna.

·         Flexibility and efficiency of use
Fleksibilitas dan efisiensi dari suatu halaman ngomik.com cukup baik misal dengan memberikan fitur suggestion pada sebelah kanan dari komik yang tengah kita baca. Pemberian tanda bintang bagi komik yang membutuhkan koin untuk membacanya pun sangat baik sehingga pengguna langsung tahu ketika melihat icon suatu judul komik yang memiliki tanda bintang(featured) artinya komik tersebut tidak free, untuk membacanya harus menggunakan koin yang dimiliki member. G64104071 Ilkom Alih Jenis 5

·         Aesthetic and minimalist design
Website ngomik.com memaksimalkan desain dengan icon yang menarik dan mudah dimengerti serta menarik bagi pengguna yang mayoritas menyukai visualisasi yang indah dan unik, missal dengan diciptakannya mascot ngomik.com yang bernama kimong.
·         Help users recognize, diagnose, and recover from errors
komentar yang kita submit pada suatu forum atau gambar terdapat kesalahan atau tidak memenuhi kriteria komentar yang diperbolehkan maka keterangannya hanyalah “komentar salah, coba cek lagi.” Namun tidak memberi tahu letak kesalahan dari komentar kita tersebut.
·         Help and documentation
Ngomik.com memberikan fitur Help dengan baik, mengelompokkannya menjadi point comic artist, comic lover, dan publisher ini membantu pengguna untuk mengidentifikasikan diri berdasarkan kelompok tersebut sehingga memudahkan proses penyelesaian suatu masalah dengan help. Selain itu situs ini juga memiliki fitur “Take a tour” bagi website tersebut. 

Kesimpulan dari Heuristic Evaluation yang dilakukan pada website www.ngomik.com adalah
0 = I don’t agree that this is a usability problem at all
Yang harus dilakukan oleh desainer antarmuka website ini hanyalah pada error preventing dan memberikan kejelasan kepada user letak error yang terdapat pada inputan user pada suatu komentar.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2009 - Knowledge of YASHA | Design: Choen | Pagenav: Abu Farhan Top